photo banner-2.jpg

Pulau Lombok yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat menawarkan panorama sangat variatif . merupakan tempat menarik dan memiliki banyak aktifitas wisata yang sangat pas untuk berjemur, berlayar, berselancar, memancing, aktivitas bawah laut yang menantang, berpetualang di gunung, ataupun olahraga di golf berstandard international.

Merupakan sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Pulau ini kurang lebih bulat bentuknya dengan semacam “ekor” disisi barat daya dengan panjangnya kurang lebih 70km. Pulau ini luasnya adalah 4.725 km (sedikikit lebih kecil daripada Bali) dengan jumlah penduduk 3.722.123 jiwa (pada tahun 2007). Kota utama di Pulau ini adalah kota Mataram, sekaligus sebagai Ibukota Provinsi.

Dengan luas yang cukup besar, Pulau Lombok terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kotamadya yaitu:

  • Kota Madya Mataram dengan Ibukota Mataram
  • Kabupaten Lombok Barat dengan Ibukota Gerung
  • Kabupaten Lombok Utara dengan Ibukota Tanjung
  • Kabupaten Lombok Tengah dengan Ibukota Praya
  • Kabupaten Lombok Timur dengan Ibukota Selong

 

GEOGRAFI

Selat Lombok menandai batas flora dan fauna Asia. Mulai dai Pulau Lombok sebelah timur, flora dan fauna lebih menunjukan kemiripan flora dan fauna yang di jumpai di Australia daripada Asia. Ilmuwan yang menyatakan hal ini adalah Alfred Russel Wallace, seorang Inggris di abad ke 19. Untuk menghormatinya maka garis ini disebut garis Wallace.


TOPOGRAFI

Pulau ini didominasi oleh Gunung Berapi Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3.726 meter diatas permukaan laut dan menjadikannya yang ke tiga tertinggi di Indonesia. Gunung ini terakhir meletus pada bulan juni-juli 1994. Pada tahun 1997 kawasan gunung dan danau Segara Anak dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam didaerah ini antara lain jagung, kopi, padi, tembakau dan kapas.

 

DEMOGRAFI

Sekitar 80% penduduk pulau ini adalah Suku Sasak, sebuah suku bangsa yang masih dekat dengan suku bangsa Bali, tetapi sebagian besar memeluk agama Islam. Sisa penduduk adalah orang Bali, Jawa, Tionghoa dan Arab.

 

TRANSPORTASI

Perjalanan menuju Pulau Lombok bisa ditempuh melalui darat, laut dan udara. Transportasi menuju Lombok via darat bisa melalui pelabuhan Padangbai di Bali menuju pelabuhan Lembar di Lombok. Transportasi laut selain melalui pelabuhan Lembar, ada juga fast boat dari Tanjung Benoa yang bahkan langsung menuju Gili Trawangan dan Teluk Kode. Setiap hari ada penerbangan dari Bali , Jakarta dan Surabaya , Malaysia serta dari Singapura ke Lombok. Juga ada dari Lombok ke Bima, Sumbawa dan Labuan Bajo.